Panduan Menggunakan Breast Pad yang Bagus untuk Bantu Anda Rawat Payudara Saat Menyusui

Setelah melahirkan, tugas Ibu selanjutnya adalah untuk menyusui sang anak. ASI ini memang menjadi makanan yang paling sempurna untuk si kecil. Tak heran jika ASI menjadi makanan pokok untuk bayi karena memang mampu memenuhi semua nutrisinya. Beberapa kandungan baik yang ada di dalam ASI diantaranya adalah vitamin, lemak, protein hingga antibodi sehingga baik untuk pertumbuhan ASI. Selama menyusui, ada baiknya Anda selalu menggunakan breast pad yang bagus sehingga bisa menopang payudara agar ASI tidak membuat baju basah.

Bagi para Ibu menyusui, kadang lupa untuk merawat payudaranya sendiri. Padahal perawatan payudara ini begitu penting untuk sehingga bisa menyusui tanpa sakit dan terasa nyaman. Hal ini lantaran banyak sekali para Ibu menyusui yang bermasalah di payudaranya selama waktu menyusui. Beberapa masalah yang kerapkali muncul diantaranya adalah nyeri pada puting, puting yang kering dan pecah, saluran susu tersumbat. Payudara bengkak hingga infeksi. Oleh karena itu perawatan payudara amatlah penting karena bisa meminimalisir semua hal tersebut.

breast pad yang bagus

Jika Anda masih dalam masa menyusui dan Anda beserta si kecil bisa merasa nyaman, maka berikut ini langkah untuk menyusui yang benar yang perlu Anda ketahui:

  • Pelajari trik untuk memposisikan si kecil serta mulutnya dengan baik saat menyusui. Pastikan agar mulut bayi bisa mencakup di sebagian areola di payudara, tak hanya putingnya. Dengan posisi mulut bayi yang benar, maka Anda pun akan bisa merasa nyaman serta tidak pegal. Anda pun juga akan bisa mencegah rasa sakit dan masalah lain pada payudara. Dengan posisi yang benar, bayi juga akan merasa nyaman dan bisa mencukupi ASI.
  • Untuk posisi menyusuinya, Anda bisa mencari cara yang berbeda-beda. Terdapat beberapa posisi untuk bisa menyusui dengan nyaman. Beberapa posisi tersebut bisa Anda minta ajari dari dokter serta bagaimana cara memegang yang benar.
  • Jika sudah selesai menyusui, maka gunakan breast pad yang bagus sehingga bisa memposisikan payudara Anda dengan baik. Bantalan ini juga mencegah ASI untuk keluar dari area baju.
  • Usahakan Anda bisa mencegah agar si kecil tidak menggigit. Di usia 3 hingga 4 bulannya, gigi bayi yang mulai tumbuh biasanya membuatnya ingin banyak menggigit. Oleh karena itu usahakan hentikan isapan ASI jika bayi tidur atau selesai menyusui. Caranya dengan menyelipkan jari ke sisi mulut bayi.

breast pad

Jika Anda selesai menyusui, segera rawat payudara dengan tips berikut ini:

  • Bersihkan puting payudara dengan perlahan tanpa sabun atau shampo sampai bersih semuanya. Jangan mengaplikasikan alkohol atau lotion.
  • Untuk bisa atasi kulit pecah, maka bisa menggunakan salep antibakteri. Oleskan salep tersebut tiap selesai menyusui sehingga luka bisa sembuh cepat dan tanpa keropeng.
  • Usahakan agar bantalan payudara kerap diganti.
  • Jika memang Anda merasa kesakitan saat menyusui anak, maka bisa juga dengan memakai pompa ASI sementara sampai kondisi Anda membaik.
  • Jika ada masalah puting masuk ke dalam, maka segera konsultasi ke dokter atau bidan.
  • Selesai menyusui, oles beberapa tetesan ASI di puting dan biarkan mengering sendirinya. Hal ini lantaran ASI bisa melindungi dan melembabkan puting dari adanya infeksi.

Itulah beberapa tips perawatan yang bisa Anda lakukan. Pastikan untuk ganti breast pad yang bagus secara teratur sehingga bisa menjadi langkah lanjutan merawat payudara Anda selama menyusui. Kini bantalan payudara ini sudah bisa didapat di situs belanja online dengan mudah.

Leave a Reply