Ini Dia Beragam Makanan Bayi 9 Bulan yang Harus Anda Cermati

Memperkenalkan makanan bayi 9 bulanlebih baik disesuaikan dengan usia. Saat berada di usia 9 bulan, biasanya bayi akan tertarik mulai makan dengan menggunakan tangannya mulai dari meraup makanan menggunakan tangannya, hingga akhirnya bayi bisa memegang makanan menggunakan jarinya. Di waktu inilah bayi akan memberikan tanda jika ia telah siap mengkonsumsi berbagai macam jenis makanan. namun, Anda harus mengetahui apa saja makanan yang tepat untuknya karena terdapat makanan yang boleh dan tidak boleh ia konsumsi.

Memasuki usia seperti 9 bulan, makanan yang halus seperti bubur bisa perlahan-lahan dihentikan. Ketika masa ini, si kecil akan mulai belajar mencium aroma, warna hingga tekstur. Makanan yang dikonsumsi bukan hanya di potong kecil namun dipastikan jika makanan sudah bisa dimasak hingga lunak. Proses pemasakan ini bisa menghindarkan resiko si kecil tersedak makanan. Anda bisa memberi si kecil sayuran yang direbus sampai lunak dan memotongnya kecil-kecil seperti kacang polong ubi, wortel dan yang lainnya. sayuran ini bukan hanya bisa dijadikan sebagai menu makanan utama, namun dapat dijadikan sebagai camilan untuk si kecil. Bukan hanya sehat, sayuran yang direbus bisa membantu si kecil melatih kemampuan motorik.

makanan bayi 9 bulan nasi merah

Selain sayuran, makanan bayi 9 bulan yang dianjurkan adalah buah. Buah ini seperti melon, pisang, semangka tanpa biji dan yang lainnya. pastikan buah ini tidak keras, dan sedikit dihaluskan atau pun di potong kecil-kecil. Makanan lain yang bisa diberikan seperti kembang kol yang sudah direbus sampai lunak kemudian di potong kecil-kecil, tahu yang dipotong kecil-kecil, keju, daging sapi atau ayam cincang yang dimasak sampai lunak.

Walaupun jenis makanan yang dikonsumsi si kecil telah mulai bervariasi, ada berbagai macam makanan yang disarankan dihindari seperti telur setengah matang, kacang utuh, makanan yang tinggi kandungan serat, makanan yang rendah kandungan lemak hingga rendah kalori. Selain itu Anda juga sangat disarankan untuk menghindari memberikan ikan yang beresiko memiliki kandungan merkuri tinggi. karena, ikan yang memiliki kandungan merkuri tinggi akan menganggu perkembangan sistem sarafnya. Jangan pula memberikan madu, walaupun bagus untuk orang dewasa, tetapi bakteri yang ada di madu bisa merusak usus bayi. makan lain yang harus di hindari si kecil adalah kerang mentah karena bisa membuatnya keracunan makanan.

Kebersihan adalah salah satu hal yang paling penting dan harus diperhatikan ketika mempersiapkan makanan bayi. oleh sebab itu jangan lupa melakukan pencucian tangan sebelumnya. Bila Anda membeli makanan yang siap makan untuk buah hati, pastikan kembali bila makanan tersebut telah memenuhi standar kesehatan serta baca kembali label kemasan. Jangan menggunakan produk yang memiliki kandungan bahan kimia atau pemanis buatan. Ketika Anda akan memberi makanan siap pakai, pindahkan terlebih dulu ke mangkuk saji dan masukkan di lemari pendingin. Cara menyiapkan makanan bayi bisa menggunakan blender. Pilih cara pemasakan yang tepat sehingga bisa menjaga nutrisi tetap baik seperti mengukusnya dibandingkan dengan merebus.

gambar makanan bayi 9 bulan

Tetapi, yang paling penting ialah memastikan tekstur makanan bayi 9 bulan yang Anda siapkan. Anda bisa memberi makanan dengan tekstur yang lebih kental dan kasar sehingga ia bisa belajar mengunyah. Untuk segi keamanan, jangan meninggalkan bayi sendiri ketika makan, hindari makanan yang bisa menyebabkan ia tersedak. Sesuaikan waktu pemberian makanan padat sesuai dengan kemampuan dan usia. Bila perlu konsultasikan kembali dengan dokter tentang porsi dan pilihan makanan yang tepat.

Leave a Reply